Cara Screenshot Panjang di Browser Komputer (PC)

- 5 Januari 2023 | 21:41

Premis.id – Saat ini banyak orang bingung bagaimana cara screenshot atau capture panjang di layar pc atau komputer.

Cara mengambil tangkapan atau gambar pada layar laptop secara keseluruhan membuat Anda tidak perlu memakan banyak waktu.

Hal ini juga tentu berbeda jika mengambil tangkapannya hanya pada satu layar full di komputer atau laptop.

Sebenarnya pada Windows 10 dan sistem operasi terbaru saat ini, terdapat alat bawaan yang bisa digunakan untuk menangkap tangkapan layar dengan mudah.

Baca Juga : Cara Screenshot Panjang di Laptop Lewat Chrome

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan gadget, tentunya sudah merasakan beberapa macam manfaat. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menyimpan berbagai hal dalam bentuk file gambar yang memungkinkan untuk diakses setiap saat.

3 Cara Screenshot Panjang di PC Windows

Untuk mengambil screenshot (capture) sebuah halaman web atau layar komputer yang panjang, Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut:

1. Gunakan fitur Print Screen

Tekan tombol Print Screen (biasanya terletak di sebelah kanan tombol F12) pada keyboard Anda. Kemudian buka aplikasi pengeditan gambar seperti Microsoft Paint atau Photoshop, dan paste hasil screenshot tersebut (tekan Ctrl + V).

Selanjutnya, Anda dapat menyimpan hasil capture tersebut dengan mengklik File > Save As.

2. Gunakan Snipping Tool

Cara ini hanya berlaku untuk sistem operasi Windows. Anda dapat mencari dan membuka aplikasi Snipping Tool melalui Start Menu, kemudian pilih New dan ambil screenshot sesuai kebutuhan Anda. Setelah itu, Anda dapat menyimpan hasil capture tersebut dengan mengklik File > Save As.

3. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot layar komputer yang panjang, seperti Greenshot, Lightshot, atau FastStone Capture.

Anda dapat mencari dan mengunduh aplikasi tersebut melalui internet, kemudian ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengambil screenshot sesuai kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Setelah proses selesai, Anda perlu menyimpan hasilnya agar dapat dibuka kembali. Ada beberapa format penyimpanan yang bisa digunakan sesuai keinginan, yaitu PDF, JPG, dan JPEG.

Cara ini tentu mudah bagi mereka yang sudah biasa melakukanya, namun ada juga cara yang simpel dengan menggunakan GoFullPage.

Semoga Tutorial ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan tentang Cara Mudah Screenshot Panjang di Browser Komputer (PC).

Topik

Follow Kami:

Terkini