Begini Cara Buat Notif Dynamic Island Di HP Xiaomi

- 24 November 2022 | 01:33

Premis.id – Pengguna HP android mungkin ingin mencicipi Fitur Dynamic Island notifikasi yang hanya ada di iPhone 14 series bukan?

Dynamic Island menjadi fitur baru yang tengah tren saat ini pada ponsel iPhone. Fitur ini baru di perkenalkan pada dua seri terbaru yaitu iPhone 14 Pro serta 14 Pro Max.

Dynamic Island hadir sebagai pengganti desain poni punch hole yang menampung kamera depan pada seri iPhone sebelumnya yang tentunya jadi inovasi canggih dan lebih praktis.

Baca Juga : Download WhatsApp Fouad APK Mod Versi Terbaru 2023

Apa itu Dynamic Island?

Sebelum benar-benar menggunakan Dynamic Island di HP Android, sebaiknya sobat ketahui terlebih dahulu sebenarnya apa sih fitur tersebut?.

Dynamic Island adalah fitur untuk mempermudah pengguna untuk dapat mengakses notifikasi, uniknya fitur ini akan memberikan tampilan yang menyerupai pil yang ada pada bagian notch para perangkat HP, biasanya notch berbentuk tetesan air ataupun lubang, dan notifikasi akan mengemasnya menjadi menarik.

Secara desain, Dynamic Island berbentuk lonjong seperti pil berwarna hitam yang dapat menyamarkan kamera depan TrueDepth. Fitur ini juga bisa memudahkan pengguna untuk berinteraksi atau mengelola sejumlah aplikasi secara lebih praktis.

Contohnya, pengguna dapat mengontrol musik, mengelola peta, menjawab dan menutup panggilan dan aktivitas lain. Dengan Dynamic Island, pengguna tak perlu lagi membuka aplikasi dan hanya perlu mengontrolnya melalui Dynamic Island.

Cara Buat Dynamic Island Di Xiaomi Terbaru 2023

Tampilan dari Dynamic Island tersebut berbentuk sebuah animasi pada notifikasi pada aplikasi seperi WhatsApp, Maps, Musik dan lain sebaginya. Lantas bagaimana agar HP Android dapat menggunakan fitur Dynamic Island tersebut?.

Cara Buat Dynamic Island Xiaomi dengan DynamixSpot

Bagi kamu yang ingin mencoba fitur Dynamic Island di Xiaomi, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi Dynamic Spot yang akan membuat ponsel Xiaomi kamu layaknya iPhone 14 Pro. Berikut tutorial cara buat Dynamic Island di Hp xiaomi :

  1. Pertama, silakan download dan instal aplikasi dynamicSpot melalui Google PlayStore.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi dynamicSpot & pilih aplikasi yang diinginkan muncul di fitur Dynamic Island.
  3. Lanjut ke “Akses pemberitahuan” dan berikan izin aplikasi “dynamicSpot” untuk mengakses notifikasi di ponsel kamu.
  4. Berikutnya, klik Gambar di layar atau Draw on Screen » pilih tombol “Berikutnya”. Pada bagian Umum, klik “Aplikasi yang didownload”.
  5. Lalu pilih dynamicSpot » aktifkan opsi “Gunakan dynamicSpot”.
  6. Selesai, sekarang fitur DynamicSpot sudah dapat difungsikan pada ponsel Xiaomi kamu.

Pada aplikasi dynamicSpot, kamu juga bisa melakukan kustomisasi tampilan Dynamic Island yang diinginkan melalui menu “Popup Setting”. Namun, untuk mendapatkan fitur Dynamic Island yang sangat mirip dengan iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max, kamu perlu berlangganan ke versi premium.

Cara Buat Dynamic Island Dynamic Notification

Sebagai alternatif, kamu juga bisa membuat Dynamic Island di HP Xiaomi dengan aplikasi yang bernama Dynamic Notification APK. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download dan instal aplikasi Dynamic Island melalui Google Play Store.
  2. Selanjutnya, buka aplikasinya dan pada bagian Dashboard silakan klik tombol “Turn On”.
  3. Lalu akan muncul menu pop-up “Accessibility” » klik tombol Oke.
  4. Setelah itu pada bagian Umum, klik menu “Aplikasi yang didownload” » klik opsi Dynamic Notification.
  5. Kemudian aktifkan opsi “Gunakan Dynamic Notification” dan akan muncul konfirmasi » klik “Oke”.
  6. Kembali ke bagian “Dashboard” » klik pada opsi “Notification”.
  7. Terakhir, klik tombol “Turn On” pada bagian Notification sampai fitur Dynamic Island sudah menyala.
  8. Apabila muncul “Permission”, silakan klik “Oke” dan berikan perizinan akses notifikasi untuk “Dynamic Notification”.

Setelah semua fitur pada aplikasi Dynamic Island diaktifkan, maka akan muncul animasi notifikasi setiap memutak lagu dari Spotify, memperoleh notifikasi dari sosmed, alarm berbunyi, melakukan charging baterai dan lainnya sebagainya.

Jiak kamu menekan notifikasi yang muncul pada Dynamic Island, maka ukuran Dynamic Island akan jadi lebih besar dan bisa menampilkan informasi yang lebih lengkap sesuai aplikasi yang kamu buka.

Namun, perlu kamu perhatikan, aplikasi ini akan terlihat berfungsi dengan baik pada ponsel Xiaomi yang memiliki desain punch hole di sisi tengah. Jika punch hole berada di sisis kiri ataupun kanan, maka bentuk Dynamic Island tidak akan mengikuti posisi punch hole.

Rekomendasi Aplikasi Untuk Notifikkasi Dynamic Island

Jawabnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ke-tiga yang bisa sobat download di Google PlayStore.

Karena saat ini sudah cukup banyak aplikasi Android yang menawarkan kemampuan notifikasi Dynamic Island tersebut, untuk itu kami memberikan daftar rekomendasi aplikasinya di bawah ini.

1. Dynamic Island – dynamicSpot by Jawomo

Aplikasi pertama yang bisa sobat gunakan adalah DynamicSpot yang akan menghadirkan notifikasi Dynamic Island di HP Android milik sobat.

Saya merekomendasikan aplikasi ini karen saya sendiri sudah mencoba aplikasi Jawomo tersebut, dan aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 500ribu orang dengan reting bintang yang cukup baik.

Pertama kali saya mencoba aplikasi ini cukup simpel dan sederhana untuk penggunaannya. Sobat cukup instal aplikasi dynamicSpot dan tunggu sampai prosesnya selesai, dan nantinya sobat akan masuk ke aplikasi untuk pengaturan awal.

Pengaturan awal ini sobat di haruskan memilih daftar aplikasi yang ingin di tampilkan dalam notifikasi Dynamic Island, selanjutnya sobat harus mengijinkan hak akses pada aplikasi tersebut guna aplikasi dapat berjalan dengan lancar.

Aplikasi ini dapat di unduh secara gratis, tapi sobat juga bisa mengupgradenya menjadi premium dengan membayarnya sebesar Rp19ribu, dengan menjadi premium sobat bisa menggunakan beberapa fitur premium seperti mengubah ukuran dan lain sebagainya.

2. Dynamic Island – GriceMobile

Selanjutnya sobat bisa menggunakan aplikasi Dynamic Siland dari GriceMobile. Dengan aplikasi ini sobat dapat menghadirkan fitur notifikasi Dynamic Island iPhone 14 di HP Android.

Apk di katakan ramah penggunaan dengan menawarkan berbagai fitur yang menghadirkan tampilkan dinamis dari nofitikasi pada kamera depan menjadi lebih indah.

Aplikasi ini memerlukan beberapa izin pada perangkat, seperti BILLING untuk melakukan upgrade premium, Accessibility service untuk menampilkan tampilan dinamis, dan izin membaca notifikasi untuk dapat menampilkan kontrol media dan notifikasi.

Aplikasi dari GriceMobile ini juga sudah cukup banyak di unduh, tercatat sudah lebih dari 500ribu unduhan di Google PlayStore, dan ukuran file sizenya hanya 6MB saja.

3. Dynamic Island – RoshaniApps

Selanjutnya ada aplikasi Dynamic Island dari developer RoshaniApps. Masih sama seperti aplikasi sebelumnya, dengan apk ini sobat akan mampu menghadirkan fitur notifikasi layaknya iPhone 14.

Aplikasi ini juga mengharuskan sobat untuk menginjinkan beberapa akses yang sama seperti aplikasi sebelumnya, untuk dapat menghadirkan fitur Dynamic Notifikasi yang akan membalut kamera depan dan akan menampilkan pemberitahuan yang keren.

Sobat juga dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis, dan tercatat, Dynamic Siland dari RoshaniApps sudah di unduh lebih dari 50ribu unduha.

4. Dynamic Island iOS 16 – iLand

Selanjutnya ada aplikasi Dynamic Island iOS 16 iLand dari Team Mercan. Aplikasi ini cukup menarik, Sobat bisa tonton video demonstrasinya di bagian atas ini agar lebih mudah mengetahui fitur dari aplikasi.

Fitur yang di tawarkan dari Dynamic Island milik Team Mercan ini adalah menghadirkan overhead notifikasi dengan animasi morfisme, selain itu juga menampilkan persentase baterai dan juga sudah mendukung dark mode.

Developer juga mengatakan penggunaan aplikasi ini tidak berdampak pada konsumsi daya baterai pada perangkat, tapi pastikan sobat sudah melakukan settingan yang benar.

Penutup

Nah, jadi itulah pembahasan cara membuat Dynamic Island di HP Xiaomi dengan 2 metode atau aplikasi yang berbeda. Sekian artikel tentang tutorial Android kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Topik

Temukan Kami:

Terkini

Gempa Kab Cianjur, Guncang Jakarta, Jawa Barat dan Sekitaranya

               Gempa Cianjur 5,6 M, Guncang Jakarta, Jawa Barat dan Sekitaranya

21 November 2022 | 13:36
Akibat ulahnya melakukan pencurian sepeda motor, dua warga Kabupaten Pali harus mendekam di sel tahanan Mapolres Prabumulih. Dua warga pali yang diringkus jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Prabumulih itu yakni Keffin (18) dan Saipudin (45), keduanya merupakan warga Desa Babat Kecamatan Penukal Abab Kabupaten Pali. Dua pelaku dijemput petugas saat sedang berada di pinggir jalan Desa Babat Kecamatan Penukal Abab, pada Minggu (20/11/2022) sekitar pukul 03.30. Kapolres Prabumulih AKBP Witdiardi SIK MH melalui Kasat Reskrim AKP Alita Firman SH mengungkapkan diringkusnya dua pelaku bermula dari laporan Teddy (22) ke SPKT Polsek Prabumulih Timur. Dalam laporannya, warga Jalan Seminung Kelurahan Muaradua Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih itu mengaku jika motor RX King plat B 4449 KF miliknya hilang dicuri. Motor hilang dicuri saat berada di garasi rumah kontrakan di jalan Bukit Selero Kelurahan Muaradua Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih. "Petugas kami yang mendapat laporan langsung melakukan penyelidikan hingga mengetahui identitas dan keberadaan dua pelaku," ujar Kasat Reskrim. Kasat mengatakan, setelah mengetahui keberadaan dua pelaku, petugas yang tak Ingin buruannya kabur langsung ke Desa Babat Kabupaten Pali dan meringkus kedua pelaku. "Dua pelaku masih kita lakukan pemeriksaan dan untuk kedua tersangka akan kita jerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun kurungan penjara," tegasnya seraya mengatakan pihaknya juga mengamankan motor Yamaha Jupiter yang dipakai dua pelaku melakukan pencurian.

               Dua Warga Asal PALI di Tangkap, Usai Curi Motor RX King di Prabumulih

21 November 2022 | 12:02
Menpora Zainudin Amali buka-bukaan terkait izin soal Liga 1 sembari menyinggung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

               Bahas Soal Izin Liga 1, Menpora Singgung Kapolri

19 November 2022 | 13:52
Vietnam Dapat Angin Segar di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Keteteran

               Vietnam Dapat Pemain Andalan di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Keteteran

19 November 2022 | 10:51