6 Cara Mudah Atasi Jerawat Dengan Cepat dan Alami

- 5 Januari 2023 | 22:16

Premis.id – Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi pada orang dewasa maupun remaja. Jerawat terjadi ketika pori-pori pada kulit tersumbat dengan sebum, yang merupakan minyak alami yang di produksi oleh kelenjar minyak pada kulit.

Pori-pori yang tersumbat ini dapat memicu pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Jerawat biasanya muncul di area wajah, leher, dada, dan punggung.

Jerawat dapat muncul dalam berbagai ukuran dan bentuk, mulai dari yang kecil dan merah hingga yang besar dan merah kehitaman.

Ada banyak penyebab jerawat muncul di dahi dan wajah. Dalam kepercayaan China kuno, jerawat kecil di jidat adalah pertanda adanya masalah pencernaan yang mungkin belum di sadari penderita.

10 Penyebab Timbulnya Banyak Jerawat

Penyebab Timbulnya Banyak Jerawat dan cara mengatasinya

Meski demikian terdapat beberapa faktor penyebab lain yang bisa saja menyebabkan munculnya jerawat di wajah maupun di dahi, yaitu:

  • Pori-pori tersumbat
  • Ketombe di rambut
  • Kulit kepala yang berminyak
  • Pengaruh obat yang dikonsumsi
  • Gangguan pencernaan
  • Stres
  • Pengaruh produk rambut yang digunakan
  • Helm
  • Faktor genetik
  • Faktor hormon

Tidak cukup dengan rajin membersihkan wajah dan rambut, Anda pun perlu menggunakan obat-obatan jika jerawat di dahi tak kunjung hilang.

Cara Mengatasi Jerawat Dengan Cepat

Jerawat adalah masalah yang umum di kalangan remaja dan orang dewasa. Berikut adalah beberapa saran yang dapat membantu mengatasi jerawat:

  1. Bersihkan wajah Anda teratur. Gunakan sabun wajah yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk membersihkan wajah Anda.
  2. Gunakan toner yang mengandung salicylic acid.
  3. Gunakan produk yang mengandung retinoid. Retinoid adalah obat yang dapat membantu mengatasi jerawat dengan mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru dan memperlambat penyebaran bakteri yang menyebabkan jerawat.
  4. Hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan Anda yang kotor.
  5. Gunakan topeng wajah yang mengandung ekstrak teh hijau atau minyak esensial tea tree untuk mengatasi jerawat.
  6. Konsultasikan dengan dokter atau dermatologis jika jerawat Anda tidak membaik setelah mencoba cara-cara di atas. Mereka dapat memberikan resep obat yang lebih kuat atau saran lain yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Kesimpulan

Namun, perlu diingat juga untuk tidak terlalu sering mencuci wajah sebab kelembapan area wajah dan jidat dapat berkurang. Akibatnya, kulit akan semakin rentan terhadap iritasi.

Jika jerawat di jidat dirasa sudah telanjur parah dan sulit diatasi, tidak ada salahnya meminta bantuan dermatologis untuk mengatasinya.

Yang terpenting adalah utamakan kebersihan wajah, kandungan produk perawatan wajah, serta makanan yang kita konsumsi untuk menghindari risiko alergi yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat memang harus dilakukan dengan berhat-hati. Jika kita teledor sedikit saja dalam memerhatikan benda-benda yang diaplikasikan pada wajah, jerawat justru dapat semakin merajalela.

Selain di dahi, jerawat di leher juga kadang sangat mengganggu karena kadang menyebabkan iritasi. Begitu pula dengan jerawat di dada, yang meski tidak terlihat tapi dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Demikian informasi singkat Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Alami, semoga bermanfaat.

Topik

Follow Kami:

Terkini